NAMA : HERDITA PURWONING AYU
NPM
: 14513060
1.
Pendekatan sistematis yang dikenal
paling tua yang menjelaskan dan menangani masalah psikologis adalah ...
a. Psikoanalisis klasik
b. Psikoloanalisis
modern
c. Behavior
d. Gestalt
2.
Struktur kepribadian yang merupakan
bagian moral dari kepribadian manusia, merupakan filter baik-buruk,
salah-benar, boleh-tidak, sesuatu yang dilakukan oleh dorongan ego adalah ...
a. Id
b. Ego
c. Super
ego
d. Dunia
eksternal
3.Terapi menggunakan pendekatan modifikasi
perilaku secara khusus paling efektif untuk menangani ...
a. Pecandu
alkohol
b. Pedofilia
c. Narsisme
d. Menangani fobia dan pemikiran yang obsesif
4.
Berikut ini yang harus dilakukan
konselor dalam memulai proses konseling, kecuali
:
a. Evaluasi
psikodiagnostik
b. Membentuk
kesiapan konseling
c. Memberikan tugas – tugas pada konseling
d. Memperoleh
informasi riwayat kasus
5.
Williamson mengemukakan 6 tahap metode
konseling, yaitu ...
a. Analisisàdiagnosaàprognosisàkonselingàsintesisàtindak
lanjut
b. Sintesisàanalisisàdiagnosaàprognosisàkonselingàtindak
lanjut
c. Analisisàsintesisàdiagnosaàprognosisàkonselingàtindak lanjut
d. Sintesisàdiagnosaàprognosisàkonselingàanalisisàtindak
lanjut
6. Presentatif merupakan salah satu fungsi
konseling. Apa yang dimaksud dengan fungsi presentatif?
a. Membantu
klien untuk menjaga agar agar situasi dan kondisi yang semula tidak baik
menjadi lebih baik
b. Membantu
klien memecahkan masalah yang sedang dihadapinya
c. Membantu
klien memelihara dan mengembangkan situasi dan kondisi yang baik agar tetap
baik atau menjadi lebih baik
d. Membantu klien menjaga atau mencegah timbulnya masalah bagi dirinya
7.
Kuratif merupakan salah satu fungsi
konseling. Apa yang dimaksud dengan fungsi kuratif?
a.
Membantu klien untuk menjaga agar agar
situasi dan kondisi yang semula tidak baik menjadi lebih baik
b.
Membantu klien memecahkan
masalah yang sedang dihadapinya
c.
Membantu klien memelihara dan
mengembangkan situasi dan kondisi yang baik agar tetap baik atau menjadi lebih
baik
d.
Membantu klien menjaga atau mencegah
timbulnya masalah bagi dirinya
8.
Siapaka tokoh yang menciptakan teori “self” untuk pendekatan pribadi dan “ client – centered therapy “ untuk
kenseling ? ...
a. James
B. Conant
b. Carl Rogers
c. Singmund
Freud
d. Frank
person
9.
Menghilangkan tingkah laku yang dianggap
salah atau tidak sesuai (maladaptif) dan
menggantikannya dengan tingkah laku baru yang lebih sesuai (adaptif). Merupakan tujuan dari
konseling?
a.
Psikoanalisa
b.
Gestalt
c.
Client center theraphy
d.
Behavior
10.
Teknik terapi realitas berfokus pada ...
a.
Perilaku yang bertanggung
jawab
b.
Masa lalu
c.
Perasaan
d.
Anggota badan
11.
Mana yang bukan manfaat yang diperoleh
dengan mempelajari konseling, adalah ...
a.
Memperoleh manfaat dalam menerapkan
prinsip – prinsip perilaku manusia
b.
Memberikan manfaat dalam menunjukkan
perjalanan hidupnya
c.
Sebagai landasan bagi pencanaan untuk
memasuki profesi konseling.
d.
Menjadi lebih sehat.
12.
Efektifitas
komuniaksi antar pribadi di pengaruhi oleh faktor faktor sebagai berikut, Kecuali .....
a.
Memanipulasi klien
b.
Keterbukaan
dan Empati
c.
Manajemen
interaksi
d.
Mendukung
dan membantu mengungkapkan permasalahan.
13.
Ketika seseorang mengalami fobia,
biasanya terapis akan menangani dengan terapi ...
a.
Terapi behavior
b.
Terapi perilaku
c.
Terapi psikoanalisa
d.
Terapi Gestalt
14.
Berikut ini manakah jawaban yang paling
tepat untuk perilaku komunikasi
nonverbal dengan menggunakan badan .....
a.
Kontak mata , Kecepatan berbicara dan
Gaya bicara
b.
Perilaku repertitif, Tekanan suara dan
Kekerasan suara
c.
Kontak mata, Sentuhan, dan
Ekspresi wajah dalam menampilakan perasaan
d.
Sentuhan, Gaya bicara dan Kontak mata
15.
Manakah yang bukan kategori model
berorientasi kognitif ?...
a.
Existential therapy
b.
Rasional-emotive-therapy
c.
Cognitive
modificasion
d.
Transactional
analysis
16.
Teknik dorongan sebagai teknik
pendekatan langsung menurut Thomas (1950) meliputi teknik – teknik, Kecuali ....
a.
Memberikan saran dan motivasi
b.
Menanamkan kepercayaan diri kembali
c.
Mengingat masa lalu
d.
Pemberian nasihat
17.
Positive
reinforcement, negative reinforcement, punishment
dan reward merupakan teknik dari
metode ...
a.
Operant
learning
b.
Social
modeling
c.
Cognitive
learning
d.
Emotional learning
18.
Salah satu karakteristik konseling
adalah untuk perubahan perilaku, pada karakteristik ini apa yang diubah?
a.
Cara menyelesaikan permasalah hanya
berfokus kepada masalahnya
b.
Pola kepribadian lama menjadi
pola kepribadian baru yang baik yang bisa diterima pribadinya dan lingkungan
c.
Lingkungan di ubah agar sesuai dengan
karakter dan kepribadian kita
d.
Perlakuan pada klien diubah agar
menimbulkan kenyamanan
19.
Berikut ini merupakan macam-macam
bantuan non profesional, kecuali
a.
Bantuan Materi
b.
Bantuan tenaga.
c.
Bantuan moril.
d.
Bantuan bimbingan
20.
Dibawah ini merupakan masalah-masalah
yang dihadapi oleh konselor dalam menangani konseli, kecuali..
a.
Manipulasi
b. Psychological bleeding
c. Rapport
d.
Kebosanan
21.
Konselor sebagai pengajar, aktif,
direktif dan kreatif menerapkan pengetahuan yang dimilikinya guna mengajarkan
keterampilan baru sesuai permasalahan klien dan tujuan yang diinginkan.
Merupakan fungsi dan peranan konselor ..
a.
Psikoanalisa
b.
Gestalt
c.
Client
center theraphy
d.
Behavior
22.
Merubah dari perasaan inferiority menjadi superiority merupakan konsep dari konseling ...
a.
Client
center theraphy
b.
Rational
Emotive Theraphy
c.
Here
and now
d.
Individual
23.
Proses mendengarkan merupakan proses
kompleks yang melibatkan? Kecuali...
a.
Mindfull
b.
Penerimaan pesan secara fisik
c.
Merespon
d.
Mendorong
24.
Berikut ini ciri umum yang dimiliki
seorang konselor adalah ...
a.
Menaruh minat yang mendalam
terhadap orang lain dan penyabar
b.
Memiliki emosi yang tidak stabil
c.
Kurang percaya diri
d.
Cepat merasa bosan
25.
Hubungan yang harus dimiliki antara
klien dan konselor adalah ...
a.
Emotionally involved
b.
Emotionally
detached
c.
Emotionally
attached
d.
Emotionally
bleeding
26.
Dibawah ini yang termasuk jenis bantuan
non professional, bersifat segera dan sesuai dengan kebutuhan adalah ...
a.
Bantuan sesaat
b.
Charity work
c.
Bantuan moril
d.
Bantuan Tenaga
27.
Ketika klien mulai menunjukan
kebergantungannya pada konselor, bagaimana tindakan konselor?
a.
Mengurangi waktu konseling
b.
Terminasi
c.
Memberikan sesi tambahan
d.
Memahami kebutuhan klien
28.
Manakah yang bukan merupakan kode etik
dalam konselor yang mendasarkan pada pasal AACD & APA ?...
a.
Mempertahankan kerahasiaan
b.
Memahami akan pembatas – pembatasan pada
klien
c.
Mempercayai keterangan –
keterangan yang tidak relevan yang diberikan klien
d.
Memperlakukan klien seperti halnya anda
ingin diperlakukan
29.
Dibawah ini merupakan ciri-ciri kualitas
konselor yang efektif, kecuali ...
a.
Memiliki Intellectual competence
b.
Energi
c.
Flexibility
d.
Memiliki emotionally detached pada klien
30.
Bidang ilmu apa saja yang berkaitan
dengan psikologi konseling, kecuali ...
a.
Pendidikan
b.
Psikologi klinis
c.
Kesehatan masyarakat
d.
Filsafat
31.
Apakah yang dimaksud dengan in a process of changing ?
a.
Karena manusia selalu berada
dalam proses berubah
b.
Manusia selalu ingin menang sendiri
c.
Manusia tidak ingin ada proses perubahan
d.
Manusia tidak mempunyai masalah
32.
Yang tidak termasud karakteristik dalam
konseling ...
a. Konseling
sebagai kegiatan bantuan
b. Konseling
untuk perubahan perilaku
c. Konseling sebagai ilmu tentang alam
d. konseling
sebagai pengaruh kondisi lingkungan masyarakat
33.
Bolehkah klien dan konselor mempunyai
hubungan khusus ?
a.
Boleh
b.
Tidak boleh
c.
Netral
d.
Sangat boleh
34.
Pada tahun 1974 AFGA memperbaiki kode
etik. Apa saja butir yang penting dalam kode etik tersebut?
a.
Perilaku yang didasari kode
etik, tanggung jawab yang didasari oleh konselor, konfidinsial, konselor memberi tahu tatacara konseling
b.
Konselor menargetkan tarif
c.
Konselor menceritakan rahasia klien
d.
Konselor menjalin hubungan dengan klien
35.
Apa saja menggambarkan perilaku
komunikasi non verbal ...
a.
Mata
b.
Kulit
c.
Ekspresi muka
d.
Lisan
36.
Apa
sajakag perilaku non verbal dengan suara, Kecuali ...
a.
Tekanan
pada suara
b.
Suara yang berwibawa
c.
Kecepatan dalam ucapan
d.
Kekuatan
dalam suara
37.
Apa sajakah
kegiatan profesional yang wajib dimiliki oleh konselor, kecuali ...
a.
kualitas
pribadi
b.
Pengetahuan
tentang profesi
c.
Ketrampilan
khusus konseling
d.
Mengetahui segalanya
38.
Dafatr karakteristik kepribadain sebagai
konselor yang efektif adalah ? ...
a.
Memperluas kesadaran terhadap
diri sendiri dan orang lain
b.
Tertutup akan perubahan
c.
Tidak memiliki identitas
d.
Mudah mengalami emosi
39.
Tiga pendekatan tradisonal dalam
konseling, Kecuali ...
a.
Pendekatan langsung
b.
Pendekatan dadakan
c.
Pendekatan tidak langsung
d.
Pendekatan elektrik
40.
Didalam pendekatan langsung terdapat
enam langkah kegiatan konseling, sebutkan jawaban yang tidak benar ...
a.
Analisis
b.
Hasil wawancara
c.
Diagnosis
d.
Proknosis
41.
Meliputi pengumpulan data dari berbagai
sumber untuk memahami klien disebut dengan ...
a.
Sintesis
b.
Diagnosis
c.
Analisis
d.
Prognosis
42.
Meliputi semua hal yang telah dilakukan
oleh konselor terhadap klien dalam menghadapi masalah baru atau masalah yang
muncul lagi dan penilaian terhadap efektifitas dari konseling yaitu ...
a.
Kelanjutan
b.
Konseling
c.
Sintesis
d.
Analisis
43.
Langkah - langkah praktis untuk
melalukan pendekatan terpusat pada pribadi yang dikutip oleh Thomposn dan
Roudolph, kecuali ...
a.
Mendengarkan pasif atau aktif
b.
Pemantulan fikiran dan prasaan
c.
Uraian seperlunya
d.
Tidak ada penasehat
44.
Ada berapakah dinamika perubahan dan perkembangan
carlrogerr ...
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
45.
Tahap dalam konseling kelompok adalah
sebagai berikut ...
a. Tahap pembentukan
b. Tahap pengenalan
c. Tahap pembahasan
d. Tahap permulaan
a. Tahap pembentukan
b. Tahap pengenalan
c. Tahap pembahasan
d. Tahap permulaan
46.
Pendekatan afektif menekankan pada
asumsi ...
a.
Perubahan perasaan akan
diikuti perubahan perilaku dan tindakan
b.
Perubahan perilaku akan diikuti
perubahan perasaan dan pikiran
c.
Perubahan pikiran akan diikuti perubahan
perasaan dan kemudian tindakan.
d.
Perubahan konsep diri akan diikuti perubahan
perilaku
47.
Pernyataan berikut ini mana yang
merupakan tujuan asesmen:
a.
Untuk menetapkan keefektifan
konseling
b.
Untuk memotivasi klien agar bersedia
untuk berubah
c.
Untuk menjaga kerahasiaa
d.
Untuk mengumpulkan data
48.
Berikut ini yang merupakan asumsi
pendekatan kognitif-perilaku adalah . . .
a.
Gangguan perilaku siswa merupakan fungsi
dari pengalaman masa lalu.
b.
Gangguan perilaku siswa memiliki hanya
di sebabkan satu faktor penyebab.
c.
Gangguan perilaku dapat ditelusuri penyebabnya
dari pengalaman masa kanak-kanak
d.
Gangguan perilaku secra
fungsional berhubungan dengan peritiwa yang mendahului dan
mengikuti perilaku
49.
Landasan apa yang digunakan untuk
mengembangkan berbagai program sarana dan prosedur yang diperlukan untuk menyelenggarakan
pelayanan bimbingan dan konseling yaitu . . . .
a.
Filosofis
b.
Pedagogis
c.
Humanistis
d.
Empirisme
50.
Yang dimaksud dengan identifikasi atesenden
adalah ...
a.
Mengenali peristiwa yang mendahului
perilaku
b.
Mengenali peristiwa yang mempertahankan perilaku.
c.
Mengenali faktor-faktor
penyebab perilaku
d.
Mengenali efek langsung dari perilaku.
Sumber :
Gunarsa, S.D., (1992). Konseling dan
Psikoterapi. Jakarta ;Gunung Mulia.
Ratcliff,D.E., Wichern,F.B.,
Minirth,F.B., & Meier,P.D., (2004). Pengantar
Psikologi & Konseling Kristen 2. Yogyakarta; Andi Publisher.
Surya,M., (2009). Psikologi konseling. Bandung ; Maestro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar