PSIKOLOGI MENEJEMEN
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur /
me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan
Kaitannya dengan psikologi:
Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi,
diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting dari modal kerja perusahaan manapun.
ilmu psikologi yg memang berpusat pada manusia, mampu
mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja,
keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa
dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.
Organisasi adlh suatu kelompok orang dlm suatu
wadah untuk tujuan bersama
Organisasi
(Industri)
|
proses
timbulnya Pr organisasi kerja/industri
|
Dapat
dipandang sbg suatu sistem terbuka
|
Berdasarkan
suatu perencanaan
|
Sistem
dilingkupi oleh suatu batas sistem
|
Mulai
dari satu orang
|
Fungsi
Manajemen
|
Sumber
daya
|
Perencanaan
(Planning)
|
Sumber Daya
Manusia
|
Pengorganisasian
(Organizing)
|
Sumber Daya
Informasi
|
Pengarahan (Directing)
|
Sumber Daya
Fisik
|
Pengawasan
dan Pengendalian (Controlling)
|
Sumber
Daya Keuangan
|
Sumber Daya
Alam
|
Fungsi Perencanaan
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Fungsi Pengorganisasian
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi
Komunikasi
Komunikasi adalah proses pengiriman berita dari seseorang kepada orang lainnya.
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi
Komunikasi
Komunikasi adalah proses pengiriman berita dari seseorang kepada orang lainnya.
•
Unsur
komunikasi:
–
Adanya
pengirim berita
–
Penerima
berita
–
Berita
yg dikirim
• Fakta dan informasi
• Emosi
• Fakta yg bercampur emosi
–
Media
pengiriman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar