Senin, 02 November 2015

psikologi menejemen (ringkasan)



PSIKOLOGI MENEJEMEN

Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan
Kaitannya dengan psikologi:
Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting dari  modal kerja perusahaan manapun.
ilmu psikologi yg memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.

Organisasi adlh suatu kelompok orang dlm suatu wadah untuk tujuan bersama


Organisasi (Industri)
proses timbulnya Pr organisasi kerja/industri
Dapat dipandang sbg suatu sistem terbuka
Berdasarkan suatu perencanaan
Sistem dilingkupi  oleh suatu batas sistem
Mulai dari satu orang

 
Fungsi Manajemen
Sumber daya
Perencanaan (Planning)
Sumber Daya Manusia
Pengorganisasian (Organizing)
Sumber Daya Informasi
Pengarahan  (Directing)
Sumber Daya Fisik
Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)
Sumber Daya Keuangan

Sumber Daya Alam


Fungsi Perencanaan 
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat  untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.

Fungsi Pengorganisasian
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi

Komunikasi
Komunikasi adalah proses pengiriman berita dari seseorang kepada orang lainnya.
      Unsur komunikasi:
     Adanya pengirim berita
     Penerima berita
     Berita yg dikirim
      Fakta dan informasi
      Emosi
      Fakta yg bercampur emosi
     Media pengiriman
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar